Untuk bisa mengaplikasikan Arduino tentunya kalian harus mengerti tentang kelistrikan, untuk itu mari kita berkenalan dengan Arus Bolak – balik (AC) dan Arus Searah (DC).

Apa itu Arus Bolak – balik (AC) ?

Arus bolak – balik (AC / Alternating Current) adalah arus listik yang memiliki besar dan arah yang berubah – ubah secara bolak balik, bentuk gelombangnya biasa disebut sinusoida(lihat gambar diatas). Arus AC adalah arus yang energinya paling efisien dibandingkan dengan arus searah (DC). Arus AC bersumber dari PLN, maka itu biasanya bertegangan tinggi. Contoh selain PLN ialah gelombang Radio atau Audio yang dialirkan melalui kabel. Penejelasan lengkap ada disini.

Apa itu arus Searah (DC) ?

Apakah Arus DC berasal dari DC Comics? Bukan, bukan itu :D. Arus Searah (DC/Direct Current ) adalah arus yang besar dan arahnya searah (seperti terlihat gambar diatas), bentuk gelombangnya seperti bukit yang di jejer menjadi satu.

Arus DC biasanya terdapat pada baterai, aki, dan panel surya, juga biasanya mengalir pada sebuah konduktor, dan bisa saja pada semi konduktor, isolator, dan ruang hampa. Arus DC ini sebenarnya arus negatif yang sudah di buktikan oleh para ahli. Untuk lebih jelasnya kalian bisa pergi kesini.

Jadi itulah pengertian dan penjelasan Arus AC & DC semoga kalian belajar hal baru dari artikel ini. Jangan pernah berhenti membuka “jendela dunia” disini ya!


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *