Untuk bisa melihat cara kerja dari USB ini, tentunya kalian harus sudah mempunyai board MTE miniController dan sudah membuat USB Uploader yang bisa dihubungkan dengan komputer kalian. Coba klik link di bawah ini untuk melihat pentunjuk dan informasinya :

Masih ingat kenapa pada Arduino IDE terdapat opsi Serial Monitor ? Itu di karenakan komputer kita membutuhkan kabel serial agar bisa terhubung kepada perangkat OUTPUT, seperti printer, proyektor, atau board MTE miniController.

cara-kerja-usb-uploader
Kabel Serial

Dan karena port kabel serial sudah di tiadakan pada Laptop/PC masa kini, maka itu USB ini dibuat untuk menjadi komunikasi serial pada komputer kita.

Cara kerja :

Hubungkan board MTE miniController pada komputer kalian, jangan tertukar antara pin male MTEPROGCON dan MTEBUS.

cara-kerja-usb-uploader-rangakaian
Hubungkan MTE miniController

Buat porgram sederhana pada Arduino IDE terlebih dahulu. Perhatikan gambar di bawah .

cara-kerja-uplodaer-program
Blink Example

Upload program untuk dikirim ke MTE miniController.
Ketika kita klik upload, maka USB Uploader ini akan membentuk seluruh Source Code yang kita buat menjadi 1 Package yang siap dimuat ke MTE miniController bersama Bootloadernya, USB akan berkedip setelah beberapa saat di upload.

Hasil OUTPUT :

Jika lampu pada MTE miniController berkedip berarti kalian telah berhasil baik dalam wiring ataupun program.
Perhatikan ketika USB berkedip, ia akan menerima sinyal dari MTE miniController untuk di tampilkan pada Serial Monitor sesuai dengan program yang kita buat. Buka Serial Monitor untuk melihat hasil input.

Jadi kurang lebih seperti itu cara kerja dari uploader CP2102. Terimakasih sudah membaca aritkel kami. Semoga bisa membantu kalian.


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *