Pada tutorial kali ini kita akan mempraktekan cara kerja dari ADC (Analog to Digital Converter) pada Library MteCore. Untuk mengetahui apa itu ADC bisa pergi ke sini.

Rangkaian :

Pada rangkaian ini hanya dibutuhkan Potensio 1 kilo ohm dan lakukan wiring seperti gambar di atas.

Penjelasan Analog_Example

Buka example MteCore pilih Analog_Example atau kalian bisa ketik secara manual. Nah pada Analog ini kalian harus memperhatikan Pin Mapping pada board MTE miniController agar bisa mengoperasikan komponennya. Pada rangkain kita akan mengoperasikan Potensio pada F5 atau pada ANALOG3.

Kegunaan dari Library Analog adalah untuk mengukur berapa nilai yang diberikan oleh potensio. Nilai inilah yang akan menghasilkan besaran INPUT yang dinginkan.

F5.onChange = adalah event yang berguna untuk mengeksekuis kode jika ada perubahan nilai pada potensio, perhatikan pada kotak merah terdapat 2 cara untuk memberikan parameter agar nilai dapat ditangkap oleh program.

Langkah – langkah :

  • Upload lalu buka Serial monitor
  • Putar dan operasikan potensio

Karena di dalam event, kode yang kita tuliskan adalah perintah untuk melihat berapa nilai yang masuk ke terminal F5, maka hasilnya akan seperti di atas. Jika di putar akan menghasilkan nilai yang berbeda, dan itulah yang di eksekusi oleh event onChange yang mengeksekusi kode jika ada perubahan.

Terima kasih sudah membaca website kami, semoga bermanfaat untuk kalian.


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *