Jika kalian sudah mengerti apa itu PWM kalian bisa langsung menuju tutorialnya, tetapi jika belum, ada baiknya kalian pelajari dahulu penjelasan dan pengertian PWM beserta fungsinya, coba klik di sini.

Rangkaian :

Untuk penjelasan tutorial sebelumnya kalian bisa klik di sini. Tambahkan lampe LED 5mm dah resistor 330 Ohm pada rangkaian sebelumnya, lalu lakukan wiring seperti gambar di atas. Kalian bisa menambahkan selongsong bakar pada kaki – kaki lampu. Hati – hati ketika pemasangan pada board, jangan sampai tertukar antara (-) atau (+) pada lampu led.

Penjelasan PWM_Example

Jangan lupa untuk set Jumper serta Import Library (kotak hijau) untuk mengaktifkan event Analog dan PWM secara keseluruhan.

fungsi map() ialah untuk mengkonversi besaran nilai potensio / atau komponen input ke dalam besaran tertentu yang mudah dipahami. Pada kode di atas map(v,0,1023,0,100) berarti besaran input pada skala 0 – 1023 dikonversi menjadi skala 0 – 100 %.

Langkah – langkah :

Upload dan buka Serial monitor

  • Putar potensio hingga mencapai skala100%
  • Dari 100% –> 50% –> 0

Jadi seperti itu hasil dari tutorial kali ini, semoga bisa membantu kalian untuk belajar Arduino lebih lanjut, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar, insya Allah akan kami respon secepatnya, terima kasih.


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *