Hai selamat datang di website kami, pada blog ini insya Allah kami akan memberikan panduan untuk mempelajari cara memprogram Arduino yang tentunya menggunakan board MTE miniController serta Library MteCore. Dimulai dari bagaimana cara mengintegrasikannya, cara menggunakan Library, wiring, memperkenalkan fungsi “event” dsb, hingga kalian paham dan mengerti. Ikuti terus perkembangan website ini, semoga bisa membantu kalian.

Arduino

Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat Open Source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Perangkat kerasnya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri.

Arduino juga merupakan perangkat keras yang ditujukan kepada siapa saja yang ingin membuat peralatan elektronik interaktif berdasarkan hardware dan software yang fleksibel dan mudah digunakan. Mikrokontroler diprogram menggunakan bahasa pemrograman arduino yang memiliki kemiripan syntax dengan bahasa pemrograman C. Karena sifatnya yang terbuka maka siapa saja dapat mengunduh skema hardware arduino dan membangunnya. Sumber di sini (2 – 04 – 2020)

Arduino juga bisa dikenal dengan sebutan PLC, memang fungsinya sekilas terlihat mirip dengan Arduino, tetapi Arduino merupakan jenis terobosan baru untuk membuat peralatan elektronik industri / non – industri yang lebih canggih untuk masa depan nanti.

Download Arduino IDE

Untuk mulai belajar memprogram Arduino tentunya harus dimulai dengan persiapan, langkah pertama kita download dahulu Arduino IDE yang sudah disediakan oleh official Arduino, kalian bisa membuka  alamat website di sini .

Tampilan :

Instalasi-arduino-ide
Web Arduino.cc

Pilih software lalu Download .


Kemudian pilih installer , jika kalian menggunakan OS lain bisa disesuaikan. Khusus untuk tutorial di sini kami menggunakan Windows 10.

Instalasi-arduino-ide-installer
unduh windows installer




Ketika nampak jendela dibawah ada 2 pilihan :
Label BIRU kalian bisa mengunduh sekaligus membantu perkembangan Arduino dengan mendonasikan sebagian uang kalian.
Label MERAH akan mengunduh secara gratis :D, the choice is yours!

Instalasi-arduino-ide-just-download
Just download

Install Arduino IDE

Jalankan Installer yang kalian download.

Instalasi-arduino-ide-instalasi
proses install



Centang semua checkbox untuk menginstall

Instalasi-arduino-ide-proses
prosses install
Instalasi-arduino-ide-proses-install
proses install

Pilih folder untuk install Arduino
Atau langsung Next.

Tunggu instalasi, install semua pop-up yang muncul, itu adalah driver yang akan menjalankan Arduino tersebut.

Instalasi-arduino-ide-driver
proses install

Klik close untuk mengakhiri proses instalasi, Arduino IDE siap diprogram.

Instalasi-arduino-ide-selesai
Selesai install

0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *