IBGT adalah komponen semi-konduktor yang setara dengan gabungan sebuah BJT dan sebuah MOSFET. Sesuai dengan namanya, komponen baru ini merupakan komponen yang menggabungkan struktur dan sifat-sifat dari BJT dan MOSFET. Dengan kata lain, IGBT mempunyai sifat kerja yang menggabungkan keunggulan sifat-sifat kedua jenis transistor tersebut. Saluran gerbang dari IGBT, sebagai saluran kendali juga mempunyai struktur bahan penyekat sebagaimana pada MOSFET.

Bagian Output IGBT memiliki tahanan yang sangat besar saat tidak menghantarkan arus, sehingga arus yang mengalir melaluinya sangat kecil. Sedangkan saat menghantarkan arus, memiliki tahanan yang sangat kecil sehingga berfungsi seperti sebuah saklar.

IGBT memiliki kecepatan dan frekuensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan transistor pada umunya, karena itu sangat banyak digunakan pada pengendali alat penggerak motor.

Umumnya IGBT mampu menangani arus antara 150A – 3600A. Kemampuan menangani arus yang besar ini membuat komponen tersebut sangat ideal untuk dipublikasikan pada perlatan yang memerlukan beban kerja yang berat seperti mesin industri, kereta api komuter serta sebagai peratalan yang menggunakan daya yang sangat ekstrim terhadap keselamatan.

Karena multifungsi dan memiliki safety yang tinggi, IGBT memiliki harga yang sangat mahal, hal ini membuat rancangan mesin menjadi lebih mahal jika menggunakan IGBT sebagai transistor drive. Rangkain IGBT harus terus menerus di supply dengan voltase 2 volt walaupun sedang tidak bekerja.

Hal inilah yang menyebabkan mengapa IGBT tidak banyak dipergunakan untuk peralatan elektronik rumah tangga yang memerlukan harga jual yang murah.

Penggunaan IGBT

IGBT banyak digunakan peralatan industri antara lain

  • Mesin las
  • Mesin Inverter
  • Sebagai saklar dan gerbang arus
  • Servo
  • AC Drive

Oke jadi cukup sekian penjelasan tentang IGBGT, jika kalian ingin melihat informasi menarik lainnya tentang web ini ada di sini. Semoga web ini bisa membantu kalian belajar hal baru. Terima kasih.

Sumber ada di sini dan di sini.


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *