Kapasitor atau bisa juga disebut dengan kondensator merupakan alat yang dapat menyimpan energi didalam medan listrik dalam waktu tertentu dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan arus listrik. Alat ini pertama kali ditemukan oleh ilmuwan bernama Michael Faraday sehingga satuan kapasitor ini disebut dengan Farad (F) .




Sebuah komponen kapasitor terdiri dari bahan isolator yang dihubungkan dengan pin / kaki komponen itu sendiri. bahan isolator tersebut bisa berupa keramik, kertas, mika dan lain lain sedangan kaki komponen dihubungkan dengan pelat konduktor. Jika pada bahan isolator dialiri arus listrik maka muatan positif dan negatif akan berkumpul. Muatan listrik tersebut akan tetap tersimpan di kapasitor selama tidak terdapat konduksi di kaki terminal kapasitor, ilustrasinya bisa terlihat pada gambar seperti di bawah ini.

Sumber ada di sini.

Kapasitor juga memiliki nama lain yaitu Kondensator, nama ini diberikan oleh seorang yang berkebangsaan Italia yaitu Alessandro Volta, ia menamainya karena condensatore memiliki arti menyimpan muatan listrik.

Fungsi Kapasitor

Kapasitor memiliki fungsi diantaranya :

  • Sebagai isolator yang bisa memperlambat arus DC atau direct current
  • Sebagai penyaring atau filter dalam rangkaian power supply
  • Sebagai pembangkit frekuensi dalam rangkaian osilator
  • Sebagai penyimpan arus atau tegangan listrik
  • Sebagai frekuensi dalam rangkaian antena
  • Sebagai penghemat daya listrik pada lampu neon
  • Sebagai penghilang bouncing (loncatan api) jika dipasang sebagai pada saklar
  • Sebagai kopling antara rangkaian yang satu dengan yang lain
  • Sebagai penggeser Fasa
  • Sebagai konduktor

Jenis – jenis Kapasitor

  1. Kapasitor Keramik

adalah kapasitor yang isolatornya dibuat dari keramik dan mempunyai bentuk bulat tipis atau persegei berwarna merah, hijau, coklat dan lain-lain. Kapasitor jenis ini tidak mempunyai arah atau polaritas, dapat dipasang bolak-balik dalam rangkaian elektronika. Memiliki nilai kapasitor sekitar 1pF sampai dengan 0,01 μF.

  1. Kapasitor Polyester

Kapasitor polyester adalah kapasitor yang isolatornya dibuat dari bahan polyester yang memiliki bentuk persegi berwarna merah, coklat, hijau dan lainya. Kapasitor polyester juga dapat dipasang terbalik di dalam rangkaian elektronika karena tidak mempunyai polaritas arah.

  1. Kapasitor Mika

Kapasitor mika yaitu kapasitor yang terbuat dari bahan mika. Jenis kapasitor ini dapat dipasnag terbalik didalam rangkaian elektronika karena tidak memiliki polaritas arah. Nilai kapasitasnya sekitar 50 pF sampai dengan 0,02 μF.

Masih banyak jenis dan kegunaan dari kapasitor, untuk lebih jelasnya kalian bisa ke sini dan ke sini (26 – 03 – 2020). Sampai di sini dulu penjelasan kali ini, jika kalian sedang mencari board Arduino Multifungsi bisa klik di sini atau ingin melihat info menarik dari Arduino buatan Anak Bangsa pilih di sini. Terima kasih.


0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *